AdsenseCamp

kapal induk Angkatan Laut

June 3rd, 2010 by admin No comments »
Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi angkatan laut sebuah negara bisa mengoperasikan armada Kapal Induk (carrier), karena hal tersebut berarti mensejajarkan diri dengan angkatan laut elit dunia lain nya seperti AL Inggris, AL Prancis, AL Amerika, AL Itali, AL India, AL Russia, AL Thailand, AL Brazil serta AL Spanyol.
Mengoperasikan Kapal induk membutuhkan biaya (sekitar US $ 4,5 miliar) yang sangat besar dan mungkin hanya bisa di operasikan oleh negara berekonomi mapan saja.
-Kapal induk terdiri dari 3 jenis jika dilihat dari jenis penggeraknya, yaitu berpenggerak Nuklir, Diesel dan Turbine.
-Kapal Induk sedikitnya menampung 6,000 crew dan 70 hingga 80 pesawat.
-Kapal induk dirakit paling tidak terdiri dari 1.milliar component yang terintegerasi menjadi sebuah konstruksi kapal.
-Kapal induk memiliki panjang berkisar 1000 feet (300-an meter)





» Read more: kapal induk Angkatan Laut

Kapal Perang Pertama Buatan RI

June 3rd, 2010 by admin No comments »
Untuk pertamakalinya, Indonesia berhasil memproduksi kapal perang sendiri. Kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) itu diproduksi PT PAL Indonesia di Surabaya.
Kapal perang yang diresmikan oleh Menteri Pertahanan Prof Dr Ir Purnomo Yusgiantoro, diberi nama KRI Banjarmasin 592 dan sudah diserahterimakan pada TNI AL Sabtu, 28 November 2009.
Upacara peresmian dihadiri Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santodo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Agus Suhartono, Panglima Komando Armada Timur Laksamana Muda TNI Ignatius Dadiek Surarto, pejabat teras Mabes AL serta Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Kapolda Jatim Irjen Pol Pratiknyo, dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Soewarno.
Menhan Purnomo Yusgiantoro kepada wartawan di atas dek KRI Banjarmasin-592 mengatakan, Indonesia merupakan negara agraris dan 2/3 kawasannya adalah laut. Maka, sudah sewajarnya negeri ini diperkuat pertahanannya di laut.
Terkait diproduksinya kapal ini oleh PT PAL, Purnomo mengaku ini adalah salah satu bentuk bukti bahwa bangsa ini bisa selangkah lebih maju dalam industri pertahanan dalam negeri. “Kita pasti bangga bisa memproduksinya sendiri dan merupakan satu bukti industri dalam negeri juga bisa,” ucapnya.
KRI Banjarmasin-592 merupakan kapal ketiga dari rencana empat kapal baru jenis LPD yang akan memperkuat Armada kapal perang TNI AL. Dua kapal LPD yang telah memperkuat TNI AL sebelumnya adalah KRI Makassar-590 dan KRI Surabaya-591. Keduanya buatan PT Daewoo International Corporation, Korea Selatan, dan diserahkan kepada TNI AL tahun 2008.
Harsusanto, Direktur PT PAL Indonesia mengatakan, sebenarnya empat kapal perang tersebut semuanya dipesan kepada Daewoo. Namun, PT PAL mendapatkan sub dan diberi kepercayaan memproduksi dua unit.
» Read more: Kapal Perang Pertama Buatan RI

Monumen Kapal Selam Surabaya

June 3rd, 2010 by admin No comments »
Kita tentu masih ingat dengan peristiwa bersejarah dalam rangka mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia yang terjadi di Irian Jaya, Operasi Trikora. Dalam operasi tersebut melibatkan sebuah kapal selam KRI Pasopati yang kini menjadi sebuah monumen bersejarah di Surabaya.
KRI Pasopati merupakan kapal tempur buatan Rusia tahun 1952. Kapal selam dengan Panjang 76.6 meter dan lebar 6.30 meter ini di lengkapi dengan torpedo steam gas sejumlah 12 buah.
Monumen kapal selam KRI Pasopati yang terletak di jalan Pemuda no 39 Surabaya ini merupakan salah satu tujuan wisata yang bisa kita pilih, khususnya bagi pelajar. Dengan adanya monumen kapal selam ini, meyakinkan bahwa Surabaya memang benar-benar pantas untuk di sebut sebagai kota pahlawan. Pasalnya haya ada dua dua di dunioa monument yang sejenis.
Kita dapat melihat semua kabin yang ada didalam kapal tersebut. Kita juga bisa melihat pemandangan kota Surabaya dengan sebuah periskop yang terletak didalam ruang komando. Didalam kapal tersebut, diruang videorasi tepatnya, kita juga bisa menyaksikan sebuah film dokumentasi yang berdurasi kurang leih 20 menit.
Monumen kapal selam ini sangat ramai dikunjungi oleh para pelajar pada saat hari libur. Pada hari-hari tertentu selain monumen kapal selam kita juga bisa menikmati fasilitas lainnya yang disediakan oleh pihak pengelola. Seperti perahu karet

AB Cook, Cook,Foreman Rigger, Diving Master And Other

May 29th, 2010 by admin 1 comment »
Got from milist..
We have vacancy for several position as below:
* AB Cook
- Preferred experience from Hotel
- English Fluently
- Salary: USD 1600
* Cook (European food)
- Preferred experience from Hotel
- English Fluently
- Salary: USD 2100
* Rigger / Foreman Rigger
- Preferred experience with Cable layout + Offshore
- English Fluently
- Salary: USD 1890
» Read more: AB Cook, Cook,Foreman Rigger, Diving Master And Other

Rumah Sakit Terapung Terbesar Dunia Datangi Ambon

May 29th, 2010 by admin No comments »
Pelabuhan Yos Sudarso Ambon siap dikunjungi kapal rumah sakit terbesar milik Angkatan Laut Amerika Serikat, USNS MERCY T – AH91 yang dijadwalkan tiba 29 Juli 2010, guna mendukung operasi Surya Baskara Jaya di Maluku.  Agen pelayaran dan pengurus Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) telah mematangkan kesiapan untuk kunjungan kapal USNS Mercy yang dijadwalkan ditinjau Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 4 Agustus 2010.  Kawasan pelabuhan Yos Sudarso Ambon juga disiapkan untuk puncak kegiatan Sail Banda yang dijadwalkan dihadiri Kepala Negara pada 3 Agustus 2010.  Menjelang Sail Banda yang rangkaian kegiatannya dijadwalkan Juni – Agustus 2010, Pelindo akan mengaspal jalan – jalan dalam kawasan pelabuhan Yos Sudarso sepanjang 6.000 meter.

OCULUS, Kapal Pesiar Super Masa Depan.

May 26th, 2010 by admin 1 comment »
OCULUS adalah rancangan mahakarya masa depan.
Desainnya begitu futuristik dan terlihat sangat indah dan elegan, seperti sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya.
Kapal Oculus adalah kapal pesiar super dengan panjang 250 kaki dan mampu berlayar dengan kecepatan mencapai 25 knots. Desain ini terinspirasi oleh gabungan bentuk badan ikan dan mamalia seperti ikan paus atau lumba-lumba. Konsepnya dirancang oleh E. Kevin Schöpfer dari Schöpfer Yachts LLC.
Oculus is the first “design launch” of Schöpfer Yachts LLC. This 250-foot vessel was designed by E. Kevin Schöpfer, founder and owner of his namesake company.
Designed to accommodate 12 guests in extraordinary comfort and style, Oculus is a long distance cruising yacht capable of speeds upwards of 25 knots.
The exterior styling is representative of the jaw and eye socket bone structure of large oceanic fish and mammals. Featuring a dramatic reverse bow configuration, the yacht’s armature balances an elegant expression of symmetry and structure.

KN. Bima Sakti

May 19th, 2010 by admin No comments »
KN Bima Sakti untuk “Bumi Singosari”.
Hingga kini, keberadaan PIP Semarang sebagai “kawah condrodimuko” kepelautan masih tetap diperhitungkan. Salah satu indikasinya, lembaga pendidikan yang oleh sebagian alumni disebutnya juga sebagai “BUMI SINGOSARI” ini mendapat kehormatan dari Departemen Perhubungan berupa penyerahan 1 unit kapal latih untuk dioperasikan.
Adalah KN Bima Sakti ukuran panjang 60 meter dan lebar 8 meter. Kapal ini milik Direktrorat Navigasi Perhubungan Laut diserahkan kepada Badan Diklat, selanjutnya oleh Badan Diklat kapal itu diserahkan kepada PIP Semarang untuk dijadikan sarana pendukung pendidikan kepelautan.
Pembantu Direktur I (PUDIR I) Eddy Warsopurnomo, M.M., M.Mar.E. yang juga “Jebolan” P3B Semarang angkatan VI, saat dikonformasi oleh Reporter KAP3B News melalui ponselnya (29/4) mengatakan, Saat ini kapal latih BIMASAKTI milik Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, sudah berada di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, sejak 27 April lalu pukul 20.00 WIB setelah berlayar dari Jakarta.
”Bagi lembaga ini, bantuan kapal latih adalah yang kedua kalinya setelah sebelumnya pada tahun 80-an juga mendapatkan hal yang sama,” kata Eddy.

KRI Pasopati – Kapal Selam Operasi Pembebasan Irian Barat

May 19th, 2010 by admin 2 comments »
Rasanya sudah banyak yang tahu bahwa kembalinya Irian Barat ke pangkuan Ibu Pertiwi tak terlepas dari jasa show of force armada militer RI dikala itu. Dari sekian banyak arsenal tempur yang dijagokan untuk merontokan nyali Belanda, bisa disebut unsur armada kapal selam adalah yang paling ditakuti Belanda. Alasannya jelas, RI dikala itu menjadi satu-satunya negara di belahan dunia selatan yang memiliki 12 kapal selam kelas Whisky. Saat itu Whisky class merupakan kapal selama diesel yang amat ditakuti oleh blok NATO. Belanda pun saat itu tak memiliki kapal selam dengan spesifikasi yang sama untuk menandingi Whisky class.
Dari 12 kapal selam Whisky class yang dimiliki TNI-AL, KRI Pasopati 410 bisa disebut yang paling kondang disebut-sebut. Pasalnya, Pasopati adalah kapal selam terakhir yang beroperasi. Pasca gestapu, Rusia melakukan embargo suku cadang militer ke Indonesia, akibatnya armada kapal selam TNI –AL perlahan mulai mati akibat kurangnya suku cadang. Langkah kanibalisasi suku cadang terus dilakukan, dan yang terakhir beroperasi adalah KRI Pasopati. Pasopati tercatat baru dinonaktifkan dari jajaran TNI-AL pada 25 Januari 1990.
Whisky class mulai diproduksi tahun 1952 di Vladi Rusia. Dan mulai masuk jajaran TNI AL (Satselarmatim) tanggal 29 Januari 1962 dengan tugas pokok menghancurkan garis lintas musuh (anti shipping), mengadakan pengintaian dan melakukan “silent raids”. Saat ini KRI Pasopati ditempatkan sebagai monumen kapal selam di kota Surabaya sejak tahun 1998.

Istilah-Istilah Penanganan Muatan & Transportasi Laut

May 13th, 2010 by admin No comments »
Istilah-Istilah Penanganan Muatan & Transportasi Laut
Despatch adalah pengiriman; lamanya kapal singgah di pelabuhan; penyelesaian pemuatan atau pembongkaran lebih cepat dari waktu yang disetujui. Despatch Money adalah uang kompensasi despatch.
Deviation Clause adalah keterlambatan kapal yang disebabkan oleh perubahan track atau haluan kapal untuk menghindari bahaya navigasi yang mengancam. Keterlambatan karena perubahan haluan kapal tersebut ditanggung oleh kedua belah pihak (shipper dan carrier). Direct B/L adalah B/L mengenai muatan yang ditujukan ke pelabuhan tertentu.
Displacement = Berat benaman adalah adalah berat zat cair yang dipindahkan oleh kapal itu, atau hasil penjumlahan dari berat kapal kosong (light displacemen) dan Dead Weight. Disponent Owners adalah pencharter yang menyewakan kembali kapal yang dicharternya dari ship’s owner. Dock Water Allowance (DWA) adalah perubahan draft rata-rata jika kapal berlayar dari air payau ke air laut, atau sebaliknya.

LOWONGAN KERJA

May 13th, 2010 by admin 4 comments »

$ 5300 – Urgent FOr Supply Vessel

Offshore vacancy – Urgent needed ( A.S.A.P )- Supply Vessel.
Rank : Master
Req : Deck Officer Class I
TYpe of Ship : SUpply Vessel
Salary : SGD 5300
Join : Immedately ( Urgent )
Call Mr. Agus
Phone : 081372643230
Email : crewbatam@yahoo.com

Urgent Needed 2nd Officer – Salary Rp 25 Juta




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS